MTB belum masuk dalam Potensi Penanganan WILAYAH II BKPRN – KPU-an Pusat

15 Pebruari 2012 | Wilayah II
Pemerintah Daerah Wajib Ikuti BKPRN

Pembahasan di forum Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional (BKPRN) merupakan langkah yang harus ditempuh semua Pemerintah Daerah untuk mendapatkan persetujuan substansi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dari Menteri PU. Selain itu maksud dari dilaksanakannya forum BKPRN ini adalah untuk mensinkronisasikan Rencana Umum Daerah dengan RTRW Nasional dan peraturan perundang-undangan lainnya. Demikian disampaikan Direktur Pembinaan Penataan Ruang Daerah Wilayah II Kementerian PU Bahal Edison Naiborhu dalam pembahasan RTRW Kabupaten Supiori di Jakarta (14/2).
Lebih lanjut Edison menambahkan, dalam prosedur untuk mendapatkan Persetujuan Substansi Raperda RTRW dari Menteri PU terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah yaitu, proses pengajuan Raperda RTRW, proses evaluasi Raperda RTRW, dan proses persetujuan Raperda RTRW.
BKPRN merupakan bagian pertama dari tiga proses yang harus dilalui untuk mendapatkan Persetujuan Substansi Raperda RTRW dari Menteri PU. Dengan mengikuti prosedur yang telah ditentukan maka akan mempercepat proses penyelesaian Perda RTRW yang secara otomatis akan mempercepat kepastian hukum dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan wilayah, ujarnya.
Wakil Bupati Kabupaten Supiori Yani Imbab mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan daerah terlebih dahulu kita harus mengenali potensi dan isu strategis yang dihadapi daerah. Terdapat 12 hal yang menjadi perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori di dalam menyusun Raperda RTRW Kabupaten yaitu kependudukan, penggunaan lahan, perikanan, pertambangan, pariwisata, transportasi, pertanahan, kebencanaan, energi, telekomunikasi, air bersih, dan permukiman.
Dari sisi kependudukan, Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori berusaha untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM merupakan pengukuran dari harapan hidup, pengetahuan dan standar kehidupan layak. Berdasarkan data dari Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori, IPM Kabupaten Supiori mengalami peningkatan antara tahun 2008-2010. Di tahun 2008 IPM Kabupaten Supiori adalah 67,55 dan di tahun 2010 menjadi 68,46.
Terkait dengan penggunaan lahan, dijelaskan oleh Yani bahwa 81,1 % atau sekitar 39.490 Ha wilayahnya merupakan Kawasan Cagar Alam Supiori. Diakui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori hal ini memberikan tantangan tersendiri di dalam melaksanakan pembangunan wilayah dengan terbatasnya lahan yang tersedia. Selain itu, pada sebagian wilayah Distrik Supiori Selatan yang merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam Supiori memiliki potensi pertambangan emas dan nikel. Sehingga hal ini menjadi dilema bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Supiori.
Dari segi transportasi terdapat permasalahannya berupa belum terhubungnya jalur darat antara Distrik Supiori Barat dengan Distrik Supiori Selatan dan terdapat jembatan-jembatan yang masih menggunakan konstruksi kayu. Tentunya hal ini dapat menghambat proses distribusi bahan pokok dan pergerakan manusia, karena transportasi antar pulau di wilayah Kabupaten Supiori masih bergantung dengan kondisi cuaca dan kondisi pelabuhan laut yang kurang memadai dari segi konstruksi.
“Di luar berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi, Kabupaten Supiori memiliki keunggulan dalam bidang perikanan dan pariwisata. Di bidang perikanan potensi ikan tangkap seperti ikan merah, ikan lencam, ikan kakap, ikan ekor kuning dan ikan bawal merupakan sebagian kecil jenis ikan yang terdapat di wilayah Kabupaten Supiori. Sementara itu dari sisi pariwisata terdapat objek-objek yang menarik seperti kawasan bawah laut Pulau Rani, Kepulauan Porisa, air terjun Masrib, dan air terjun Wabudori,” tandas Yani. (byu/nik)

http://www.penataanruang.net/detail_b.asp?id=1868

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: