Review Rencana dan Peluang Kerjasama PEMDA yang tertunda Koordinasi dengan PEMERINTAH KOREA perlu Tindak Lanjut

Dasar :

1. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 125 Tahun 2004, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437 (lex lata)

2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Pihak Luar Negeri;

3. Surat Bupati Maluku Tenggara Barat Nomor:555/039/2010, tanggal 16 Januari 2010 tentang Cooperation Opportunites

4. Surat Rekomendasi Bupati Maluku Tenggara Barat Nomor 193/31/REK/2010, tanggal 27 Mei 2010 tentang Peluang Kerjasama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan Pemerintah Republik Korea Selatan;

5. Surat Ketua Komite Telematika Daerah Saumlaki Nomor 55/KTDS-MTB/2010 tanggal 21 Agustus 2010 tentang Proposal kepada Presiden Badan Informasi Masyarakat Korea (National Information Society Agency) Kerjasama International

6. Surat Ketua Komite Telematika Daerah Saumlaki Nomor 56/KTDS-MTB/2010 tanggal 21 Agustus 2010 tentang Badan Kerjasama International Korea (Korea International Cooperation Agency) for Indonesia

7. MoU antara KTDS dan Kepala Kantor Perpustakaan tentang Pemanfaatan Program Bersama Bangunan Gedung Kantor Perpustakaan sebagai Saumlaki Online Information Training Centers (SoITCs) — Saumlaki Library diubah sebagai Saumlaki e-Library.

RENCANA KERJASAMA

TEKNIK DAN BANTUAN KEMANUSIAAN SERTA PROMOSI PELUANG DAN INVESTASI DAERAH

DENGAN NIA (NATIONAL INFORMATION SOCIETY AGENCY) SEBAGAI JEMBATAN IT

a. Subyek Kerjasama : Membangun Pusat Akses Informasi (Development of Information Access Centers/IACS)

b. Latar Belakang : Saumlaki sebagai Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat terletak di Propinsi Maluku.

Saumlaki merupakan sebuah Kota di kawasan Perbatasan Australia dan Timur Leste dan merupakan Pulau-pulau Terluar (lalu) dan sekarang menjadi Pulau-pulau Terdepan di Kawasan Indonesia Timur.

Saumlaki merupakan Pintu Masuk (Entry Port) dan tempat singgah Event International yang diselenggarakan tiap Tahun yaitu SAIL Darwin-Saumlaki.

Saumlaki memiliki potensi perikanan tuna, cakalang, lobster, rumput laut sebagai potensi andalan daerah yang masih dikelola belum optimal, kelautan 300 lebih Spesies Ikan untuk Wisata Bahari memiliki pulau-pulau kecil sebagai panorama perlu (Investor) juga terkenal sejak Jaman Belanda, Jepang sehingga image Saumlaki dijuluki FORGOTTEN ISLANDS (Pulau-pulau terlupakan), pertanian dan kehutanan dengan potensi kayu yang tersohor yaitu “Kayu Torim” hanya dimiliki di Brazil dan di Tanimbar (Saumlaki) juga Budaya yang “Exotic” masih Natural.

Minimnya Sumber Daya Manusia karena faktor Pheriperial maka, perlu dibangun dan dikembangkan dalam sisi IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

Dikarenakan beberapa faktor diatas Saumlaki sebagai Beranda NKRI, Saumlaki merupakan “Front View” untuk Wajah Indonesia (Indonesian Face’s) sehingga untuk mempercepat ketertinggalan, keterbatasan, Pemerintah Daerah membentuk Komite Telekomunikasi dan Informatika Daerah Saumlaki (KTDS) yang memiliki Visi: Saumlaki Online IT 2012, juga Misi: Membangun Akses Komunikasi dan Informasi lewat Media Teknologi sejalan dengan menumbuhkan pemanfaatan informasi media teknologi untuk memantapkan keunggulan kontent lokal.

Tugas Pokok dan Fungsi: Membuka peluang, menjembatani serta menuju percepatan Saumlaki Go Online Public 2012 dan turut serta bersama-sama menuju Masyarakat Informasi Indonesia (MII) 2015.

secara global trend Informasi dan Komunikasi yang tercepat adalah Penggunaan Internet, dimana TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) merupakan makna “Jembatan” bagi keterbatasan Infrastruktur, Sumber Daya Manusia untuk mengelola merupakan pola yang dihadapi Kabupaten-kabupaten yang baru berkembang.

Tetapi dengan melatarbelakangi penjelasan diatas maka, KTDS berpikir dan mencari untuk membuka peluang kerjasama Tahun 2010 serta Menjembatani Kerjasama Tahun 2011, Go Online 2012 sebagai Jembatan Kerjasama bidang Telematika baik di Dalam maupun Luar Negeri. Dalam Negeri sebagai Mitra Utama Direktorat Jenderal Aplikasi dan Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika sedangkan Luar Negeri mengadposi dan mentransfer program kerjasama Korea for Agency Digital Opportunity and Promotion (KADO) — National Information Society Agency (NIA) Korea Selatan.

—- Kenapa kami memilih Korea sebagai partnership dalam Kerjasama Internasional dibidang IT sebagai Jembatan mendukung Peluang Kerjasama di Sektor-sektor lain?——.

Korea mendapatkan Best Award 1st dari UNPANN (United Nation Public Administrtation Network) untuk Penerapan e-Government dan Internet Publik tahun 2010.

Secara emosional keterikatan kehidupan SAUMLAKI sama, Waktu yang dimiliki Sama dengan KOREA, ada beberapa Kebudayaan Peralatan untuk masyarakat seperti Penggilingan Jagung, Kacang Kedelei juga sama, dan lain-lain.

Kehidupan Saumlaki Keras tetapi sejalan perlu pengembangan SDM (Sumberdaya Manusia) untuk keluar dari Image Termarginilasi, Faktor Kepulauan Perbatasan dan Jauh dari Pusat belum diperhatikan.

Dimana keterikatan Pemelajaran IT dengan Korea sejak tahun 2006 Mobile Communication Course, 2008 e-Government System Integration , 2009 Asean Rural ICT Community Development Course oleh KADO (Korea for Agency Digital Opportunity and Promotion) dan NIA sebagai Participant from Indonesia dimana memiliki 3 (tiga) orang Alumnus Korea IT Learning Program serta tahun 2010 Korea Internet Volunteers dengan Pengiriman tenaga relawan jembatan IT di Saumlaki selama 1 bulan dari tanggal 01 Agustus s.d 22 Agustus 2010, memberikan pelajaran tentang Internet, HTML, Photoshop bagi Para Siswa, Guru dan Pegawai Kantor dengan Jumlah Partisipasi sebanyak 61 Orang dimana jumlah ini sudah masuk keanggotaan Members Alumny Directory KTDS Human Resource Development Program 2006-2010 sebanyak 64 (enam puluh empat) Orang/Members.

Tahun ini juga KTDS melayangkan Proposal untuk IACs (Information Access Centers) salah satu Divisi NIA, membantu membangun Pusat Akses Informasi sesuai dengan Action Plan KTDS 2010-2012 mencari peluang dan Rencana Kerjasama Teknis dan Bantuan Kemanusiaan Membangun Akses Informasi dan Komunikasi bagi SAUMLAKI.

Program Kerjasama Internasional ini sejalan dengan Misi Petama KTDS sehingga membentuk SAUMLAKI ONLINE INFORMATION TRAINING CENTERS (SoITCs).

Bangunan Gedung telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) dengan Memorandum of Understanding/ Kesepahaman Bersama KTDS dengan Kantor Perpustakaan (Saumlaki Library) menjadi Saumlaki e-Library dan Saumlaki Online Informasi Training Centers untuk menyediakan Beberapa Ruangan bagi penempatan peralatan-peralatan Internet dan Ruang untuk Seminar dan Pelatihan dimana yang masih dibutuhkan adalah PC (Personal Computer) untuk Pusat Akses Internet sebanyak 50 Unit, Pelatihan Komputer dan Seminar Room dibutuhkan 75 Unit, Peralatan Pendukung Ruang Seminar/Training, Mobile Community Access Point (M-CAP) diusulkan untuk NIA-IACs sebagai Model Percontohan Tahun 2010 Pilot Project Front View untuk Keanggotaan Negara-negara Penerima Bantuan IACs.

Pusat Akses Informasi ini mendukung keberlanjutan Program Kerjasama Internasional/Event Internasional yang akan diselenggarakan tiap tahun seperti SAIL Darwin-Saumlaki, KOICA (Korea International Cooperation Agency) for Indonesia, NIA (National Information Society Agency) dengan memiliki Divisi IACs (Information Access Centers), KoIL (Korea IT Learning Program), KIV (Korea Internet Volunteers).

Dengan harapan kami, sebagai reference Pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Komunikasi dan Informasi dengan Bagian-bagiannya dapat mendukung pelaksanaan program sebagai IT PILOT PROJECT dimaksud.

Berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 03 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Pihak Luar Negeri, sehingga Saumlaki sangat perlu Kerjasama Teknis termasuk Bantuan Kemanusiaan dalam persyaratan sesuai dengan Prinsip-Prinsip Kerjasama termaktub dalam Bab II Pasal 2;

Bab III Bentuk Kerjasama Pasal 3 Point b. Kerjasama Teknik termasuk Bantuan Kemanusiaan.

Bab IV Pasal 4 Point a. Merupakan Pelengkap dan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah; f. Sesuai dengan kebijakan dan rencana pembangunan dan g. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dapat dialihkan.

Dan pada Pasal 5. Point d. Upaya saling melengkapi; e. Peningkatan Hubungan Masyarakat. Juga Pasal 6. Point a. Peningkatan Kemampuan dan Keterampilan Sumberdaya Manusia dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Point b. Kemampuan Keuangan Daerah Terbatas.

Bab V tentang Tata Cara Kerjasama Bagian Pertama tentang Prakarsa Kerjasama Pasal 8 berasal Point a. Pemerintah Daerah dan Komite Telematika Daerah Saumlaki (KTDS) sebagai Pendamping Mediator Pemerintah Daerah.

c. Maksud, Tujuan dan Sasaran : Maksud : Mohon Dukungan dan Bantuan Peralatan PC dan Fasilitas Pendukung Pusat Akses Informasi (Saumlaki Online Information Training Program) Center — SoIT Center.

Tujuan : Membuka jalan dan menjembatani keterbatasan pemanfaatan IT

Sasaran : Sebagai Pusat Pelatihan dan Kerjasama Program IT yang berkelanjutan dengan NIA (National Information Society Agency) Division KoIL (Korea IT Learning), KIV (Korea Internet Volunteers) serta KOICA (Korea International Cooperation Agency) for Indonesia Bidang Internet dan Pemanfaatan Komputer kepada SISWA, GURU, PEGAWAI Kantor Pemerintah, dan PUBLIK

d. Obyek/Ruang Lingkup Kerjasama : Kerjasama Teknik dan Bantuan Kemanusiaan serta secara berkelanjutan Promosi Peluang, Investasi dan Potensi Daerah

Keberlanjutan Pertukaran dan Pengenalan Budaya Korea-Saumlaki dan Pengiriman TKI ke Korea asal Saumlaki.

e. Hasil Kerjasama : Akses Informasi IT sebagai Jembatan Kerjasama Investasi bagi Pembangunan dan Kemajuan Pemerintah Daerah sejajar dengan Kabupaten-kabupaten lain.

Pertukaran Informasi Budaya, Potensi Investasi yang akan dikembangkan oleh Investor di Saumlaki.

f. Sumber Pembiayaan : APBD, dan Anggaran yang Relevan

g. Jangka Waktu Pelaksanaan : 2 (dua) Tahun (2010-2012)

Tahun 2010 Tahap Mebuka Jalan Peluang Kerjasama Teknis dan Bantuan Kemanusiaan

Tahun 2011 Kunjungan Teknis untuk Letter of Confirmation (LoC) sebagai Letter of Intend (LoI) apabila ada kesepakatan bersama Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Teknis dan Bantuan Kemanusiaan yang diusulkan sebelumnya DRAFT KERJASAMA, KTDS dan Mediator PEMDA akan mendampingi Bapak Bupati dan Rombongan sesuai Surat Rekomendasi Bupati Maluku Tenggara Barat Nomor: 193/31/REK/2010 tanggal 27 Mei 2010 tentang Peluang Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan Republik Korea Selatan untuk Kunjungan ke Korea National Information Society Agency (NIA) pada bulan April 2011.

“SAUMLAKI MISION INVESTMENT TO KOREA” — “BRIDGING DIGITAL DIVIDED”

Tahun 2012. Eksis —- (Saumlaki Go Online)

Demikian Draft Penyusunan Kerjasama Pemerintah Daerah lewat Komite Telematika Daerah Saumlaki (Saumlaki Regional Telematics Committee) dengan Badan Informasi Masyarakat Korea (National Information Society Agency) dapat berupaya saling melengkapi dengan bantuan-bantuan guna keberlanjutan program kedepan.

Terima kasih.

Saumlaki, September 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: