PADATIWEB SALAH SATU PROGRAM PSP-BALITBANG PENTING YANG BELUM DIJALANKAN HAMPIR SEBAGIAN KAB/KOTA (MALUKU)

Dalam alam globalisasi yang serba padatiwebcepat ini, kebijakan-kebijakan pembangunan pendidikan harus segera menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan perubahan yang serba cepat pula. Dengan demikian, perilaku tata kelola pemerintahan dalam pengambilan keputusan, perencanaan, implementasi, dan penilaian kebijakan pendidikan memerlukan dukungan data dan informasi yang akurat, tepat guna, dan tepat waktu. Untuk menjawab tantangan inilah Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan berbasis Web (PadatiWeb) dikembangkan.

clip_image002[1]Suatu perencanaan program atau kegiatan tergantung dari basis data yang tesedia dimana Basis Data (database) merupakan data primer dalam pengembangan suatu program dan kegiatan sebagai dasar penentu suatu kebijakan. Sehingga Penguatan dan Pengelolaan data sangat membutuhkan Dana, Waktu, serta SDM dalam mengolahnya.

Faktor SDM dan Loyalitas merupakan Faktor Utama Keberhasilan Basis Data yang valid.

Pendataan Pendidikan (PADATI) berbasis WEB yang dilaksanakan oleh Pusat Statistik Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional merupakan langkah awal dalam perencanaan pendidikan yang terintegrasi dengan Pangkalan Data yang berada di Propinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

clip_image002Salah satu Pangkalan Data adalah Kabupaten Maluku Tenggara Barat mendapat bantuan langsung (Blockgrant) dalam pengelolaan data pendidikan sejak tahun 2006 sedangkan tahun 2007 hanya penyempurnaan pada Program clip_image002[8]PadatiWeb 2007 (Upgrade) 2012 belum dilaksanakan secara serius sehingga Data yang tersaji Online di PSP-Balitbang Depdiknas adalah NUL hingga sekarang 2012.

 

Pengelolaan data pendidikan sangat dipengaruhi oleh Pengadaan Fisik maupun Non Fisik sehingga guna menjembatani luasnya pangkalan data maka ditunjuk Jasa Konsultan yang menangani pelaksanaan teknis dilapangan yaitu Bintek bagi Korlap (Kordinator Lapangan) yang mendamping dan memimbing serta membackup data dan mengirimkannya ke PSP-Balitbang lewat E-mail, CD BackUp, atau Web Server Padati, atau lewat Fasilitas ICT-Jardiknas.

Penyebaran data yang tidak bisa terakumulasi sangat terhambat dari faktor Penyebaran Sekolah-sekolah antar kepulauan, dan sarana transportasi dan komunikasi yang kurang lancar.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat terdiri dari 5 (lima) Gugusan Kepulauan yaitu: Tanimbar, P. Selaru, P. Larat, P. Fordata yang terbagi kedalam 10 (sepuluh) Kecamatan yang terpisah oleh Laut sehingga kabupaten ini dijuluki Kabupaten Kepulauan.

Dalam penghimpunan dan keberhasilan data tergantung dari UPTD Diknas yang berada di kecamatan.

HP. 085244451450, Email Kantor: dikporakabmtb@gmail.com Email Pribadi: andityaman2007@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: