Refiew Program PADATI WEB 2007-2012

padatiweb

Keseriusan Pemerintah Pusat dalam berbagai program dan kegiatan sangatlah tergantung dari data dan informasi yang disajikan, sedangkan media yang diberikan dalam meninput data sangatlah bervariatif, dan tingkat kesulitan untuk menggunakan juga memberikan warna tersendiri dalam penguasaan IPTEK, Kendala yang dihadapi dalam setiap pendataan adalah sumber, dan metode pengambilan.  Sejak tahun 2007 Kementerian Pendidikan lewat Lembaga Penelitian dan pengembangan meluncurkan program pendataan yang dinamai PADATI WEB dengan menggunakan media internet untuk mengupload data.  Setiap tahun dibenahi dengan diluncurkan versi terbaru yang menyajikan data profil,hingga keuangan sekolah,… Keuntungan dari Program Padati adalah tingkat keakurasian data lapangan maksimal 95% dengan keluaran Nilai APK, APM, AMS, dan data fisik  lain. Kelemahan Penerapan ini hanya sebatas project atau program sebagai sarana rutinitas pengelolaannya.  Pada tahun 2012 Kabupaten Maluku Tenggara Barat  dan berbagai kabupaten berada dibawah Propinsi belum memiliki data online tentang Program ini, akibat kita dikategorikan keterbelakangan informasi dalam penyajian data, kendala dilapangan walaupun retribusi form pendataan ke dinas kabupaten sering tidak dilakukan pemrosesan hingga terasji data dalam program ini.

Rekomendasi yang diberikan untuk menjawab permasalahan diatas adalah dengan MEMBENTUK  LEMBAGA BARU disetiap Dinas Kabupaten/Kota sebagai Pusat Statistik Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten/Kota (PSP-Balitbang) dalam arti memiliki cabang di Kab/Kota.

Kondisi penentuan dan penetapan APK/APM dan angka yang lain tidak memiliki dasar instrumen yang dipedomani sekarang tidak valid dan tingkat keakurasi sangat berkurang, dimana daerah-daerah berlomba-lomba melaporkan kebanyakan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai, akan tetapi tidak melihat dari sisi kekurangan/kegagalan yang terjadi.  

Pusat  Statistik Pendidikan Kabupaten/Kota akan menangani NPSN, NISN, NIGN, NUPTK, PadatiWEb, dan lain-lain yang akan memiliki warna tersendiri dalam pengelolaan dan penyajian data dan informasi pendidikan di kab/kota. Lembaga ini juga akan mempersiapkan hingga 2014 data sudah valid minimal 96% diupload oleh Kabupaten/Kota**

**(usulan Lembaga PSP Kabupaten/Kota oleh Ernes A. Falikres. HP. 085244451450)

2 Responses to Refiew Program PADATI WEB 2007-2012

  1. abdul samad says:

    masih adakah padatiweb untuk pendataan tahun 2013 ini

    • ernesfalik says:

      pak somad, belum ada kejelasannya karena sekarang setiap bidang sma/smk, smp, maupun sd mempunyai pendataan sendiri-sendiri,… jika asumsi saya yang pernah tangani padatiwweb 2007,… sangat bagus bila dikerjakan dan dikembangkan oleh daerah… bisa konfirmasi saja ke balitbang pak somad… saya sudah berkantor di badan pengelola perbatasan kab. mtb…. thanks ini no. saya jika perlu info yang lain 085344750007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: