Laporan Pelaksanaan Pelatihan Korea Internet Volunteers 2010

LAPORAN  KETUA

KOMITE TELEMATIKA DAERAH SAUMLAKI

DALAM ACARA PEMBUKAAN PELATIHAN IT KOREA INTERNET VOLUNTEERS TAHUN 2010

SAUMLAKI 02 – 21 AGUSTUS 2010

Yang Saya hormati:

–       Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat

–       Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat

–       Bapak Asisten Bidang Pemerintahan Umum

–       Bapak Asisten Bidang Pembangunan dan Investasi

–       Bapak Asisten Bidang Administrasi Umum

–       Bapak Pastor sebagai Wakil Uskup Wilayah MTB-MBD

–       Para Tamu dan Peserta Pelatihan IT yang berbahagia

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera bagi kita semua.

Syaloom…

Pertama-tama izinkanlah saya, mengajak kita semua mempersembahkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenaan-Nya, dalam momen ini, kita dapat berkumpul di sini untuk melaksanakan pembukaan pelatihan IT bagi para Guru, Siswa dan Pegawai Kantor Lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun 2010, yang pada kesempatan ini diselenggarakan di Saumlaki, Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Hadirian yang saya hormati,

Sejak dibangunnya Internet tahun 2006, Saumlaki terus membenahi pembangunan dari sisi informatisasi lewat media yang lagi berkembang dengan teknologi secara menyeluruh.

Penerapan Teknologi dibidang informasi merupakan suatu makna jembatan yang mewadahi arus transaksi lewat Internet. Perkembangan Pembangunan dalam dua periode kepemimpinan menggambarkan pola pembangunan fisik yang sangat maju dalam 4 (empat) tahun terakhir ini. Pembangunan Fisik terasa kurang jika pengelolaan Sumber daya manusia guna peningkatan ekonomi tidak ditunjang dengan informasi dan komunikasi yang memadai.  Kita semestinya belajar dari pengalaman keberhasilan suatu negara, atau daerah lain dalam merencanakan, melaksanakan dan membangun infrastruktur informasi dan komunikasi dengan kata lain bahwa informasi dapat mengangkat keterpurukan daerah dengan menjual peluang dan investasi keandalan yang dimiliki.

Sekarang waktunya untuk Saumlaki mempersiapkan perjalanan eksplorasi yang baru dalam sisi pembangunan SDM informasi dan komunikasi dengan pemanfaatan teknologi dalam keterbatasan serta keterisolasian daerah, dimana akan membuka peluang akan kerjasama diberbagai sektor.

Hadirian yang saya hormati,

Pada kesempatan ini juga, kami dapat melaporkan selama kurun waktu 5 bulan terakhir Program dan Kegiatan Aksi yang telah dilaksanakan dalam Peningkatan Sumberdaya Manusia dan daya saing kontent telematika, yaitu:

 Keikutsertaan Komite telematika daerah dalam Survey Global IT yang dilaksanakan oleh Korea Internet Satification Agency (KISA) (Kepuasan Penggunaan Layanan Internet)

  1. Keikutsertaan Komite Telematika Daerah Saumlaki dalam Online Program  Pelatihan  yang diselenggarakan oleh Organisasi PBB Bidang Jaringan Administrasi Publik (United Nations Public Administration Network) dalam pemelejaran Strategic of e-Government Development Program.
  2. Keikutsertaan Anggota KTDS dalam Forum Komunitas Relawan Regional Indonesia Timur yang diselenggarakan di Makasar tanggal 20 – 22 Juni 2010, dan 1 anggota kami diangkat sebagai salahsatu Tim Formatur Komunitas Relawana IT
  3. Keikutsertaan Anggota Komite sebagai Calon Participant dari Pemerintah Daerah (Local Government) dalam Korea IT Learning Program (KoIL) pada bulan Maret 2010
  4. Kerjasama dengan National Information Society Agency (NIA) dengan mengirim relawan IT dalam Program Pemelajaran dan Pertukaran Budaya   .
  5. Dan dukungan dan kerjasama dengan Interdept Pemerintah Pusat yaitu sebagai binaan dan  Mitra dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Direktorat Jenderal Aplikasi dan Telematika, dan berbagai sumbangsih saran dari stakeholder pemerhati Pengembangan IT.

Pada kesempatan ini juga, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal informasi umum dan teknis terkait tentang pelaksanaan Pelatihan IT – Korea Internet Volunteers Tahun 2010,  dimana Kita patut berbangga karena Saumlaki dipilih sebagai salah satu Daerah yang dikunjungi dari 17 Negara, oleh Tim Korea Internet Volunteers dengan Kata lain (Tim Relawan Jembatan IT).  Secara teknis  dapat kami sampaikan sebagai berikut:

I.            Dasar Pelaksanaan

 Dasar Pelaksanaan Pelatihan IT atas Kerjasama Komite Telematika Daerah Saumlaki dengan National Information Socety Agency (NIA) adalah:

 Surat Pengantar Proposal Nomor: 555/039/2010, tanggal 16 Januari 2010 tentang Cooperation Opportunity (Peluang Kerjasama) kepada President of National Information Society Agency)

  1. Surat Ketetapan Nomor 07/KET/KTD-TIS/MTB/2010 tanggal 06 Maret 2010 tentang Pelaksanaan Program dan Kegiatan 2010 – 2012 yang termaktub dalam Action Plan KTDS (2010 – 2012)
  2. Surat Pengantar Nomor:14/KTD-TIS/MTB/2010, tanggal 31 Maret 2010 tentang Request form Survey Sorth-term KIV Tahun 2010.
  3. Letter of Confirmation dari National Information Society Agency tanggal 16 Juni 2010 tentang Partnership and Coorparation antara KTDS dan NIA dalam Program Kualifikasi Volunteers di Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun 2010.
  4. Surat Keputusan Komite Telematika Daerah Saumlaki Nomor: 01/KEP/KTDS-MTB/2010,  tanggal 21 Juli 2010 tentang Pembentukan Working Group Pelatihan IT Korea Internet Volunteers 2010 Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

 

II.          Tujuan Pelaksanaan

Pelaksanaan Kegiatan ini termaktub dalam Rencana Aksi Program yang bertujuan untuk

  1. Membuka peluang serta menjalin kerjasama dibidang telematika dengan peningkatan kapasitas sumberdaya manusia bagi masyarkat Maluku Tenggara Barat;
  2. Memberdayakan dan Memanfaatkan penggunaan IT bagi dunia pendidikan dan pemerintahan
  3. membagi dalam pengenalan pengalaman IT serta pertukaran budaya masing-masing Negara.

 

III.        Waktu Pelaksanaan

Waktu Pelaksanaan Pelatihan Korea Internet Volunteers Tahun 2010 ini akan dilaksanakan selama 3 Minggu, yaitu dari tanggal 02 sampai dengan 21 Agustus 2010 

IV.         Peserta

Peserta pelatihan Korea Internet Volunteers Tahun 2010 terdiri dari 3 Kelas Program yang terwakili dari Civitas Pendidikan dan Pemerintah yaitu Kelas Siswa SMA/SMK sebanyak 25 Orang, Kelas Guru sebanyak 25 Orang, dan  Kelas Pegawai Kantor SKPD sebanyak 30 Orang.

V.           Anggaran

 Adapun anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan Pelatihan sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Hadirian yang saya hormati,

Pada kesempatan yang baik ini izinkan kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :

  1. Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat selaku kordinasi teknis KTDS
  2. Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat sebagai Pelindung KTDS;
  3. Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebagai Penasehat KTDS
  4. Bapak Asisten Bidang Pembangunan dan Investasi selaku pengarah KTDS
  5. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kab. MTB selaku penanggung jawab teknis KTDS
  6. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
  7. Sekretaris Umum National Information Society Agency yang membidangi Penyelenggaraan Korea Internet Volunteers Tahun 2010 yang diwakili oleh Ketua Tim Jembatan IT
  8. Para Anggota Komite Telematika yang tergabung dalam “Keaktifan Membership” disetiap Program dan Kegiatan
  9. Kelompok Kerja Penyelenggaraan Pelatihan Internet

10. Kepala SMK Negeri 2 Tanimbar Selatan yang telah menyediakan Sarana dan Prasarana sebagai tempat berlangsungnya Pelatihan KIV Tahun 2010

11. Semua pihak yang selama ini telah membantu dalam mensukseskan kegiatan pelatihan ini.

Atas nama Organisasi Komite Telematika Daerah Saumlaki dengan satu harapan khususnya kepada para peserta dapat menelaah pemelajaraan dan pertukaran budaya yang positif, guna membangun daerah tercinta ini dengan saling mengisi dan memberi yang terbaik.  Untuk itu kami mohon dengan hormat kepada Bapak Bup44ati Maluku Tenggara Barat menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan pelatihan Korea Internet Volunteers Tahun 2010.

 Akhir kata, dengan Kerja keras Marilah kita bersama-sama menghidupkan MTB, Maka MTB akan menghidupi Kita”

Sekian dan Terima Kasih.

Saumlaki, 02 Agustus 2010

Atas Nama

ttd

Komite Telematika Daerah Saumlaki

Ketua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: