Exexutive Summary Dishubkominfo Kab. MTB

EXECUTIVE SUMMARY

DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

“SKENARIO – 234 RENCANA PELAKSANAAN PRIORITAS PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2009”

Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang Efektif, Efisiensi, Transparan, Akuntabil, yang berorientasi kepada Hasil (Outcome) sesuai dengan rencana kerja yang akan dicapai Tahun Anggaran 2009 Rencana Kerja  (RENJA) SKPD  ini disusun tidak terlepas dari Evaluasi Pencapaian Kinerja pada tahun 2008.  Keberhasilan Program dan Kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai acuan dasar untuk menciptakan suatu Pola/Skenario SKPD guna mencapai target dan sasaran.

Rencana Kerja SKPD merupakan salah satu pegangan dasar pelaksanaan Program dan Kegiatan 1 (satu) tahun anggaran yang dituangkan dalam Skala Prioritas dan Pendukung Perencanaan dan Penganggaran dalam Rencana Kerja Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD (RKA-SKPD) terlampir.

Target dan Sasaran SKPD Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatikan pada tahun 2009 memuat pola/scenario  2-3-4 yang telah diakomodir berdasarkan penjabaran KUA & PPAS Kabupaten Maluku Tenggara Barat Tahun 2009

Gambar 1. Skenario/Pola Kebijakan Rencana Kerja SKPD

product-skpd

ASUMSI :

* Perencanaan Pembangunan Infrastruktur dilaksanakan untuk menunjang PAD dan Ekonomi Rakyat memerlukan tahapan-tahapan biaya, waktu yang sangat  lama dan membutuhkan anggaran yang mahal,…

* Perkembangan IT (Informasi dan Teknologi) semakin pesat dengan berkembangnya e-Government SI bagi daerah-daerah yang dimekarkan sangat berhasil menerapkan sistem ini disamping perencanaan pembangunan infrastruktur pelayanan dasar secara berjenjang

MAKA:

Pola/Skenario Penerapan yang akan dilaksanakan adalah: Perencanaan Program dan Kegiatan yang dapat menghasilkan suatu Product  (Hasil) yang didukung oleh Infrastructure (Sarana dan Prasarana) dan Service (Pelayanan), yaitu:

1)    Penerimaan dan Penambahan Pegawai Lapangan Operasional Unit Pelaksana Teknis Dinas Perhubungan dan Komunikasi dalam Kegiatan Armada Penyebrangan dan Terminal Angkutan Kota diusulkan oleh SKPD.

2)    Pemberdayaan serta Peningkatan sumber daya manusia Aparatur melalui diklat teknis fungsional yang akan dikelola oleh SKPD

3)    Pemanfataan Sarana Media Teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung PRIORITAS UTAMA yang telah dijabarkan pada strategi SKPD-234 di Tahun 2009. Lihat Gambar.1.

4)    Adanya database infrastruktur dan koordinas lintas sektoral guna guna pemerataan dan perluasan akses pelayanan masyarakat.

TITIK SENTRAL PELAKSANAAN Program dan Kegiatan di Tahun 2009, sebagai berikut:

1)    Peningkatan Infrastruktur Transportasi Laut, Udara, Darat serta Informasi dan Komunikasi Pemerintah maupun masyarakat.

2)    Peningkatan Sumber Daya Aparatur dengan mengikuti diklat teknis Perencanaan, Darat, Laut, Udara, Komunikasi dan Informatika

3)    Konsolidasi Kegiatan-kegiatan yang mendukung dan menghasilkan Penerimaan dan Pendapatan bagi Daerah melalui identifikasi dan Inventarisasi PAD tersebut.

Akhirnya selaras dengan Motto: Gerbang Utama menuju Pelayanan dan Keselamatan Masyarakat dalam peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah yang direncanakan menjadi suatu acuan pengembangan kearah yang lebih baik..

Saumlaki,      Desember 2008.

One Response to Exexutive Summary Dishubkominfo Kab. MTB

  1. ipmmtb-sulut says:

    ok mantap bung usulan yang baik…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: