Pengantar Keuangan P. Rangkoratat, SH

Pentingnya Laporan Keuangan yang disusun sebagai dasar pertanggungjawaban program dan kegiatan secara akuntabel.  Penyusunan laporan keuangan baik triwulan, semesteran dan akhir tahun 2008 memuat pencapaian kondisi non fisik (keuangan) sesuai dengan aktualisasi penerimaan dan pengeluaran yang tertata sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 dan penerapan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan Nomor 24 tahun 2005 yang baku, meliputi :

–        Laporan Realisasi Anggaran (LRA) SKPD memberikan informasi tentang realisasi pendapatan, belanja dan pembiayaan. Berdasarkan laporan ini realisasi Pendapatan Daerah SKPD tidak ditetapkan dalam APBD TA 2008. Sementara itu, realisasi belanja SKPD untuk Awal Semester II (pada Triwulan-3) sebesar Rp. 1.000.250.000,- atau 76,48 persen dari yang dianggarkan dalam APBD TA 2008.

–        Neraca Kas SKPD menyajikan informasi tentang posisi aset, kewajiban, dan ekuitas SKPD per 30 September 2008. Dari Neraca tersebut diinformasikan bahwa nilai Aset adalah sebesar              Rp 1.047.318.773,- dan Kewajiban sebesar Rp. 334.668.773,-; sehingga Ekuitas Dana (kekayaan bersih) SKPD per 30 September 2008 adalah sebesar minus Rp.712.650.000,-;

–        Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) dimaksudkan agar pengguna laporan keuangan dapat memperoleh informasi tentang hal-hal yang termuat dalam laporan keuangan. Catatan atas Laporan Keuangan meliputi uraian tentang kebijakan fiskal, kebijakan akuntansi, dan penjelasan pos-pos laporan keuangan, daftar rinci atau uraian atas nilai pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi APBN, Neraca, dan Laporan Arus Kas;

–        Laporan Arus Kas (oleh Dinas Pengelola Keuangan Daerah)

Diharapkan melalui penyusunan laporan keuangan ini, sebagai peletak dasar dalam analisa faktor pengembangan SKPD dalam tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, serta pelayanan publik ke depan, dalam pembahasan Rencana Kerja Anggaran Instansi Dinas/Badan atau APBD Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Adanya Saran dan Masukan guna perbaikan laporan ini dikemudian hari, kami mengucapkan  Terima kasih untuk semua yang terlibat dalam Penyusunan Laporan Keuangan ini.

Saumlaki,     September  2008

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah

Kabupaten Maluku Tenggara Barat

P. RANGKORATAT, SH

NIP. 630 010 085

Bendahara Pengeluaran: Ny. J. Masella

Pembuat Laporan: hubungai: HP. 085243834401

2 Responses to Pengantar Keuangan P. Rangkoratat, SH

  1. syukriy says:

    Penyusunan laporan keuangan (LK) tidaklah sesederhana itu. Laporan Keuangan, baik untuk SKPD selaku entitas akuntansi dan Pemda selaku entitas pelaporan, disusun melalui proses akuntansi. Dengan demikian, penyusun LK bukanlah bendahara, tetapi pegawai yang melaksanakan fungsi akuntansi.

    • ernesfalik says:

      yah memang betul bruurr… siklus beredar uang secara dipertanggung jawabkan dari sisi laporan melalui pegawai akan tetapi policy anggaran berada pada pengguna dan bendahara selaku pengeluaran proses ini yang belum tercatat (Interim). secara riil keuangan berada pada bendahara. pencatatan pembukuan oleh Pejabat Penata usaha keuangan (PPK) yang mencatat segala transaksi-transaksi. thanks masukannya… salam :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: