Laporan Pendamping ICT Kab. MTB(3)

Kesimpulan

1.   Jardiknas merupakan Program Nasional sangat dibutuhkan kerja sama antar pusat daerah Tahun 2008 kedepan sangat dibutuhkan partisipasi Pemerintah Daerah dalam Item Kegiatan Berbasis Online sangat penting dan dilaksanakan sehingga kedepan kabupaten dapat memiliki pendataan yang valid tergantung keseriusan Pemerintah Daerah.

2.   Tata Kelola Manajemen Data dan Informasi yang teruptodate

3.   Segi Teknis dan operasional pelaksanaan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten perlu keloyalitasan secara akuntabel sesuai koridor petunjuk teknis (Juknis) selama ini belum optimal dilaksanakan.

4.   Masalah yang dihadapi Program Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) dari hasil Survey Pelaksanaannya yang terintegrasi dengan Propinsi mengalami beberapa permasalahan yang dihadapi:

(a). Masalah tersedianya orang yang mengoperasionalkan (SDM), masih terbatas

(b). Masalah tersedianya dana, belum adanya dana sharing dari pemerintah daerah dalam mendukung program dimaksud.

(c). Masalah koordinasi dan kerja bersama yang masih banyak yang harus ditingkatkan, antara Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program (Diknas) dan Pemerintah Daerah (PEMDA)

(d). Masalah sistem keamanan jaringan, dan

(e). Masalah kesinambungan tata kelola sistem jaringan di setiap lokasi. Belum digunakan secara optimal.

B. Saran

1.   Pemanfaatan baik dari sisi Fisik dan Non Fisik teknis serta operasional harus sesuai dengan juknis

2.   Diharapkan kepada Pemerintah Daerah mengadopsi pelaksanaan Pendataan secara Online disetiap SKPD Penerapan Sistem Jaringan yang sekarang ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

3. Jikalau berkenaan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Pengelolaan Data dan Informasi mencanangkan Kota Saumlaki Online IT (SoIT) 2008 pada Bulan Pertengahan Oktober 2008 dengan Joint bersama Dinas Pendidikan dengan Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi.

4. Program SoIT 2008 diperuntukan dalam lingkup SKPD mengingat tantangan Perkembangan IT semakin pesat dalam pelaksanaan e-Government menuju Pemerintahan yang Baik secara transparan dan akuntabel 2007 – 2012.

BAB IV

PENUTUP

Demikian laporan ini sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan pendampingan ICT di Kabupaten Maluku Tenggara Barat bagi Pengambil Kebijakan (Policy), memang disadari Penyediaan Sarana dan Prasarana sangat mahal, tetapi dampak kedepan sangat berarti bagi Pelayanan Masyarakat dan kita jangan dianggap Gagap Teknologi (Gaptek) Mari kita mulai dari sekarang mencanangkan Program ini kapan lagi.

Semoga Bermanfaat.

PERSONAL SERVICE LINK!


Sejarah Garuda (LUS) Versi 1, Sejarah Garuda (LUS) Veri 2.Foto Family’s di ManadoTinjaun Perspektif Budaya LokalBasic Eudaction Project Loan IBRD 4455-IND/Ida Credit 3188-INDPrioritas Pembangunan Tahun 2008, Laporan Pendamping ICT 2008Konsep Dasar ICT Kabupaten Maluku Tenggara Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: